Home » » Macam-Macam Air Untuk Bersuci

Macam-Macam Air Untuk Bersuci

Written By Unknown on Saturday, April 2, 2016 | April 02, 2016

Macam-Macam Air Untuk Bersuci


Air yang dapat dipakai untuk bersuci adalah air yang bersih/air yang suci dan mensucikan, yaitu air yang turun dari langit atau keluar dari bumu yang belum dipakai untuk bersuci.
Air yang suci lagi mensucikan di golongkan kedalam 7 kategori air, yaitu:
  1. Air Hujan
  2. Air sumur/Air mata air
  3. Air Laut
  4. Air Salju
  5. Air Embun
  6. Air Sungai
  7. Air telaga
Ada 4 pembagian air dalam islam, yaitu:
  1. Air mutlak, yaitu air yang suci dan mensucikan atau air yang masih murni. air mutlah adalah air yang dapat digunakan untuk bersuci untuk bersuci dan tidak makruh. contoh dari air ini adalah 7 kategori air diatas.
  2. Air musyammas adalah air yang suci dan mensucika, namun makruh digunakan. Contoh air ini adalah air yang dipanaskan baik dengan panas matahari ataupun dimasak yang bukan terbuat dari emas dan perak.
  3. Air musta'mal, yaitu air suci yang tidak dapat mencusikan, yakni air yang telah di gunakan untuk bersuci dan volume airnya kurang dari dua kullah, walaupun tidak berubah warnanya, rasa dan baunya. Dua kullah ini  disi adalah berkisar antara 216 liter atau jika berbentuk bak maka ukurannya adalah panjang 60 cm, lebar dan tingginya.
  4. Air mutanajjis, adalah air yang terkena najis. apabila jumlahnya kurang dari dua kullah, maka air semacam  in tidak suci dan tidak dapat dipakai untuk bersuci. jika lebih dari dua kullah dan air tersebut tidak berubah sifatnya, baik itu warna, bau, dan rasanya, maka air tersebut hukumnya sah dipakai untuk bersuci.
Sumber: UICCI (United Islamic Cultural Centre Of Indonesia)
Share this article :

0 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pet014 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger