Home » » Makalah Peternakan: Pencernaan Metabolisme Lipid Pada Ternak Polygastrik

Makalah Peternakan: Pencernaan Metabolisme Lipid Pada Ternak Polygastrik

Written By Unknown on Wednesday, April 20, 2016 | April 20, 2016

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Ternak ruminansia merupakan ternak berlambug ganda, ternak yang memamabiak. Ternak ruminansia memiliki sistem pencernaan yang sangat unik dan berbeda dari ternak monogastrik. Ternak ruminansia dapat merupak hijauan menjadi daging dengan kandungan protein tinggi, susu, dan wool pada domba. Adapun alat pencernaan ternak ruminansia terdiri dari retikulum, rumen, omasum, dan abamasum.
Proses tersebut dapat terjadi karena adanya bantuan microba yang terdapat didalam rumen. Pada ternak ruminansia, rumen memegang peranan yang sangat penting. Dimana didalam rumenlah terjadi fermentasi pakan ternak dengan bantuan microba rumen tersebut. Microba rumen terdiri dari 4 kelompok, yaitu baktery, protozoa, jamur/fungi, dan virus.
Lipid adalah senyawa organik yang terdapat pada jaringan tanaman dan hewan, mempunyai sifat larut dalam pelarut organik seperti benzene, ether atau chloroform dan hanya sebagian kecil larut dalam air. Lipid terbagi menjadi dua kelompok yaitu yang membentuk sabun (saponifiable) dan yang tidak membentuk sabun (non saponifiable). Lipid yang membentuk sabun dalam bentuk sederhana adalah trigliserida, ketika dihidrolisis dengan alkali menghasilkan gliserol dan sabun.
Trigliserida akan berbentuk cairan pada suhu ruang (asam lemak tidak jenuh) dan akan menjadi padat (margarin) ketika ikatan rangkapnya mengalami hidrogenasi, misalnya asam oleat berubah menjadi streatat. Sedangkan yang lebih kompleks adalah fosfolipid misalnya lesitin dan glikolipid yaitu komponen utama tanaman. Senyawa lipid yang tidak membentuk sabun yang populer adalah steroid (sterol) dan karotenoid yaitu pigemn tanaman dan merupakan vitamin yang larut dalam lemak.


B.       Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.        Memenuhi tugas Mata Kuliah Dasar Nutrisi yang diberikan oleh dosen pembimbing.
2.        Untuk mengetahui proses metabolisme lipid atau lamak pada ternak ruminansia khususnya di dalam rumen.
3.        Mengetahuai pencernaan lipid atau lemak didalam rumen ternak ruminansia.
4.        Memahami proses dari metabolisme lipid pada ternak ruminansia.

C.       Rumusan Masalah
1.      Bagaimana proses metabolisme dan pencernaan lipid pada ternak ruminansia besar?
2.      Mengapa metabolisme dan pencernaan  lipid pada ternak ruminansia besar berbeda dengan ternak monogastrik?

D.      Manfaat Penulisan Makalah
Dengan adanya penulisan makalah tentang proses pencernaan microorganisme pada ternak ruminansia ini, para pembaca dapat mengetahui bagaimana proses pencernaan microorganisme lemak didalam rumen.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Rumen merupakan tabung besar dengan berbagai kantong yang menyimpan dan mencampur ingesta bagi fermentasi mikroba. Kerja ekstansifbakteri dan mikroba terhadap zat-zat makanan menghasilkan pelepasan produk akhir yang dapat diasimilasi. Papila berkembang dengan baik sehingga luas permukaan rumen bertambah 7 kalinya. Dari keseluruhan asam lemak terbangyang diproduksi, 85% diabsorbsi melalui epitelium yang berada pada dinding retikulo-rumen (Blakely and Bade,1982).
Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi. Lemak yang terdapat dalam makanan akan diuraikan menjadi kolesterol, trIgliserida, fosfolipid dan asam lemak bebas pada saat dicerna dalam usus. Keempat unsur lemak ini akandiserap dari usus dan masuk kedalam darah. (Guyton, 2007).
Lemak tidak larut dalam air, berarti lemak juga tidak larut dalam plasma darah. Agar lemak dapat diangkut ke dalam peredaran darah, maka di dalam plasma darah, lemak akan berikatan dengan protein spesifik membentuk suatu kompleks makromolekul yang larut dalam air. Ikatan antara lemak  (kolesterol, trigliserida, dan fosfolipid) dengan protein ini disebut lipoprotein. Berdasarkan komposisi, densitas, dan mobilitasnya, lipoprotein dibedakan menjadi kilomikron, very low density lipoprotein (VLDL), low density lipoprotein (LDL), dan high density lipoprotein (HDL). Setiap jenis lipoprotein memiliki fungsi yang berbeda dan dipecah serta dibuang dengan cara yang sedikit berbeda. Lemak dalam darah diangkut dengan dua cara, yaitu melalui jalur eksogen dan jalur endogen. (Adam, 2009).


BAB III
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Lipid/Lemak
Lemak merupakan sumber energi penting dalam ransum ternak ruminansia.  Beberapa tahun terakhir ada kecenderungan menggunakan suplementasi lemak untuk meningkatkan kandungan energi ransum.  Lemak merupakan zat makanan yang biasanya terdapat dalam jumlah kecil dalam  makanan  ternak (50 gram/kg BK).  Pada pakan ternak ruminansia, lemak terdapat dalam  hijauan  maupun  konsentrat atau pakan tambahan. Kandungan lemak dalam  hijauan  pakan berkisar 3-10 % yang terdiri dari glukolipid. Pakan hijauan dan biji-bijian umumnya berbentuk lemak tidak jenuh. 
Lemak pada daun didominasi oleh  asam linolenat, linoleat dan oleat. Lemak dalam konsentrat (biji-bijian) kaya kandungan asam  linoleat.  Untuk memenuhi kebutuhan ternak akan energi sering petani menambahakan minyak dalam ransum. Lemak mengandung  energi yang tinggi dan merupakan sumber energi yang murah dibandingkan zat makanan lain seperti karbohidrat.  Sering dipertanyakan apakah kualitas ransum atau kualitas produk yang dihasilkan (susu dan daging) dipengaruhi oleh suplementasi lemak.  Jawabannya sangat tergantung pada  jenis ternak dan tipe produksi.  Hubungan lemak ransum dengan lemak yang terdapat pada produk, berbeda antara ternak non ruminansia dan ruminansia, juga antara ternak muda dan ternak dewasa. 

B.       Lemak dalam rumen
Kebanyakan lipid pada  ruminan masuk ke duodenum sebagai asam lemak bebas dengan kandungan asam lemak jenuh yang tinggi. Monogliserida adalah asam lemak yang dominan pada monogastrik. Pada ruminansia lemak mengalami hidrolisis di dalam rumen, sehingga sangat sedikit terdapat pada ternak ruminansia.


C.       Pencernaan Lemak Dalam Rumen



Lemak yang terdapat dalam rumen ternak ruminansia terdiri atas  lemak  pakan (80,3%), lemak  ptotozoa (15,6 %) dan lemak bakteri (4,3 %).  Metabolisme lemak dalam rumen memiliki dampak yang besar terhadap profil asam lemak yang tersedia untuk diserap dan digunakan oleh jaringan tubuh ternak.  Pencernaan lemak pada ternak ruminansia dimulaididalam rumen.  Lemak dalam rumen akan mengalami dua proses penting yaitu hidrolisis dan biohidrogenasi.


a.    Hidrolisis (Lipolisis)
Pertama kali  lemak dari pakan masuk  ke dalam rumen maka langkah awal dari metabolisme lemak adalah hidrolisis ikatan ester dari triglicerida, phospholipid dan glikolipid. Hidrolisis dari lemak pakan umumnya dilakukan oleh bakteri rumen, dan sangat sedikit sekali bukti yang meninjukkan keterlibatan protozoa dan fungi dalam hidrolisis lemak.  Proses hidrolisis (lipolisis) lemak dalam rumen oleh lipase mikroba rumen, akan menghasilkan asam lemak, gliserol dan galaktosa yang siap dimetabilisme lebih lanjut oleh bakteri rumen.  
Asam lemak tak jenuh (linoleat dan linolenat) akan dipisahkan dari kombinasi ester, galaktosa dan gliserol dan akan difermentasi menjadi VFA. Bakteri yang paling berperan dalam hidrolis lemak adalah Anaerovibrio lipolytica yang menghidrolisis trigliserida dan Butyrivibrio fibrisolvens  yang berperan dalam menghidrolisis  phospholipid dan glikolipid. Proses hidrolisis. dalam rumen berlangsung cukup tinggi namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatannya seperti meningkatnya level lemak dalam ransum maka hidrolisis menurun, pH rumen yang rendah dan ionophor yang menghambat aktivitas dan pertumbuhan bakteri.

b.    Hidrogenasi
Hidrogenasi terjadi pada asam lemak tak jenuh bebas yang dilepaskan dalam proses hidrolisis lemak dalam rumen. Langkah pertama dari proses biohidrogenasi ini adalah isomerisasi dari bentuk cis menjadi bentuk trans. Hidrogenasi ini menyebabkan pengurangan asam lemak tak jenuh dengan hasil akhir asam lemak jenuh (stearat =C18). Hidrogenasi umumnya terjadi pada tingkat lebih lambat dari lipolisis, namun asam lemak tak jenuh ganda sedikit yang hadir dalam rumen.
Sebagian besar asam lemak esensial akan rusak oleh karena proses biohidrogenasi, namun ternak tidak mengalami defisiensi. Sebagian kecil asam lemak esensial yang lolos dari proses di dalam rumen, sudah dapat memenuhi kebutuhan ternak.

A.      Sintesis Lemak oleh Bakteri Rumen
Mikroba rumen juga mampu mensintesis beberapa asam lemak rantai panjang dari propionat dan asam lemak rantai cabang dari kerangka karbon asam-asam amino valin, leusin dan isoleusin. Asam-asam lemak tersebut akan diinkorporasikan ke dalam lemak susu dan lemak tubuh ruminansia.
B.       Penyerapan Lemak pada Ternak ruminansia
Asam   lemak  hasil    hidrolisis   yang   berantai   pendek  ( < C12)  diserap oleh dinding rumen (Gambar 3.10).  Asam lemak rantai  panjang masuk ke sel-sel epithelium dan diserap diusus halus. Di usus halus lemak dihidrolisis menjadi monogliserida dan asam lemak bebas oleh enzim lipase pankreas. Asam lemak rantai pendek diserap sel mukosa usus.Monogliserida dan asam lemak tak larut membentuk   misel untuk dapat melewati  dinding usus. Asam lemak  C14 membentuk  triasil gliserol dalam sel epithelium usus. Triasil gleserol, fosfolipid dan kolesterol membentuk kilomikron dan masuk ke peredaran darah untuk diedarkan ke  seluruh tubuh.
Ruminansia muda mempunyai kemampuan untuk mengkonversi glukosa menjadi asam lemak, namun ketika rumen berfungsi, kemampuan itu hilang dan asetat menjadi sumber karbon utama yang digunakan untuk mensintesis asam-asam lemak. Asetat akan didifusi masuk ke dalam darah dari rumen dan dikonversi di jaringan menjadi asetil-CoA, dengan energi berasal dari hidrolisis ATP menjadi AMP. Jalur ini terjadi di tempat penyimpanan lemak tubuh yaitu jaringan adiposa (di bawah kulit, jantung dan ginjal). Konversi asetil-CoA menjadi asam-asam lemak rantai panjang sama terjadinya antara ruminan dan monogastrik.


BAB IV
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil penulisan makalah di atas, maka dapat di simpulkan:
1.        Lemak dalam rumen ternak ruminansia terdiri dari lemak pakan 80,3%, lemak protozoa 15,6%, dan lemak bakteri 4,3%.
2.        Pencernaan mocrooganisme rumen mengalami dua proses, yaitu proses hidrolisis (Lipolisis) dan proses hidrogenasi.
3.        Mikroba rumen mampu mensintesis lemak rantai panjang dan lemak rantai cabang.

B.       Saran
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, penulis sangat mengharapkan sran dan kritik dari para pembaca yang sifatnya  membangun. Demikian penulisan makalah ini dan semoga bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

Adam. 2009. Ilmu Makanan Ternak Ruminansia (Sapi Perah). Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro: Semarang.
Blakely dan Bade. 1982. Microbiology of The Rumen and Instetine. Prentice Hall: New Jersey.
Campbell, N.A. dkk. 2009. Biology 8th edition. Pearson Benjamin Cummings: San Francisco.
Guyton. 2007. Lemak Rumen. Gadjah Mada University Brawijaya: Malang.
Pratiwi,dkk. 2007. Biologi untuk SMA kelas XI. Erlangga. Jakarta.
Rasyid, G., A. B. Sudarmadji, dan Sriyana. 1996. Pencernaan Hewan Pemamah Biak. Karangploso. Malang.

Share this article :

0 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pet014 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger