Home » » Kegiatan KKN Tematik Mandiri 2017

Kegiatan KKN Tematik Mandiri 2017

Written By Unknown on Tuesday, February 28, 2017 | February 28, 2017

Program Utama
Penentuan Kebuntingan pada Sapi

Nama                          : Badaruddin
NIM                            : 1405104010002
Jusrusan/Fakultas     : Peternakan/Pertanian
1. Waktu dan Tempat
Waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah Minggu, 12 februari 2017. Tempat Gp. Peulandok tunong

2. Bidang Kegiatan yang Dipilih 
Bidang kegiatan utama yang dipilih adalah Penentuan Kebuntingan pada Sapi. Penentuan kebuntingan pada sapi adalah penentuan apakah ternak sapi sudah bunting atau telah terdapat embrio di dalam rahim ternak sapi. Penentuan kebuntingan pada sapi merupakan hal yang sangat penting diketahui oleh setiap peternak. Karena, dengan mengetahui seekor sapi atau umumnya pada ternak itu bunting, maka peternak dapat memberikan perlakuan khusus bagi induk sapi yang sedang bunting demi mendapatkan anak yang sehat, berkualitas dan bisa menjadi bakalan yang bermutu genetic yang baik.

3.      Alasan Pemilihan Kegiatan
Alasan mengapa mengambil penentuan kebungingan pada sapi ini adalah karena kurangnya pengetahuan masyarakat/ peternak untuk mengetahui apakah sapi tersebut telah memasuki masa kebuntingan. Jika seorang peternak tidak mengetahui apakah sapinya itu sedang bunting, maka dapat terjadi perkawinan yang kedua pada ternak kemudian menyebabkan keguguran pada sapi akibat himpitan dari sapi jantan. 

4. Tujuan Penentuan Kebuntingan pada Sapi 
Tujuan penentuan kebuntingan pada sapi ini adalah untuk melatih peternak agar dapat mengetahui apakah sapi milik peternak setelah dikawinkan bunting atau tidak. Jika tidak menunjukkan cirri-ciri kebuntingan pada sapi tersebut, maka peternak dapat mengawinkan kembali sapi tersebut.

5.        Manfaat dan Luaran dari Penentuan Kebuntingan pada Sapi
Jika peternak mengetahui bahwa sapi miliknya sudah bunting, maka peternak dapat memberikan perlakuan khusus pada sapi yang bunting tersebut demi mendapatkan keturunan ternak yang berkualitas baik, sehat, kemudian dapat menjadi indukan yang baik pula demi menghasilkan keturunan yang lebih bermutu dari induknya. Salah satu perlakuan pada sapi bunting adalah pengaturan pakan untuk anak dan induk sapi sesuai dengan kebutuhan keduanya. Peternak dapat mengetahui kapan sapi akan melahirkan, sesuai dengan lama masa kebuntingan pada sapi. Peternak dapat menghidari terjadinya mortalitas pada anak sapi serta peternak dapat menentukan umur sapi sehingga diketahui kapan ternak sapi dapat beranak kembali, bahkan dapat di ketahui harga sapi tersebut.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pet014 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger